Proposal : Latar Belakang


2. LATAR BELAKANG

2.1. Yayasan aura insani Hidayatullah

Yayasan aura insani Hidayatullah didirikan untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan yang islamy bagi masyarakat muslim dan anak-anak Yatim piatu khususnya agar memiliki pendidikan dan kecakapan tertentu sebagai manusia yang normal, yang berhak mendapatkan pendidikan sebagai warga Negara Indonesia.
Perhatian yang penuh diberikan oleh para pengurus Yayasan aura insani Hidayatullah untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam melalui Pesantren Modern aura insani dengan cara membekali mereka secara maksimal dalam penghapalan Alquran Al Kariim,
Perlu kami sampaikan, bahwa Yayasan aura insani berdiri pada tahun 2009 yang diawali dengan mendirikan Lembanga Kemanusiaan aura insani Hidaytullahyang bergerak pada kegiatan untuk kalangan yatim piatu, dakwah, pendidikan islam, pesantren virtual dan sebagainya.
Saat ini, dengan di dukung oleh para donator tetap dan tidak tetap, anak-anak Yatim Piatu yang tersebar di wilayah Tangerang dan masih bermukim ditempat tinggalnya masing- masing masih mendapatkan perhatian sebagai anak didik yang nantinya akan diasramakan sesuai dengan tujuan pembangunan Pesantren Modern aura insani Hidayatullah
Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut serta dalam mencerdaskan bangsa, terutama bagi mereka yang dirudung ketidakmampuan dalam ekonomi, khususnya bagi kalangan anak-anak Yatim Piatu. Sehingga kelak mereka dewasa menjadi manusia yang berguna bagi agama, nusa bangsa.
Secara ringkas, tujuan di dirikannya Pesantren Modern aura insani Hidayatullah adalah sebagai berikut:
1. Ikut serta dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang tercantum dalam UU SISDIKNAS No.: 20 Tahun 2003 yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2. Ikut serta mewujudkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang bermutu.
3. Mempersiapkan generasi mutafaqqih fiddien ( memahami Islam dengan sebenarnya ) yang ahli dzikir (menguasai ilmu-ilmu al-Tanziliyah) dan ahli fikir(menguasai ilmu-ilmu al-Kauniyah).
4. Membekali siswa dengan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (lisan dan tulisan) sebagai kunci dalam upaya menguasai ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu kontemporer modern.
5. Membekali santriwan/i dengan kemampuan menghapal Alquran 30 Juz.
6. Memberikan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam kepada masyarakat sekitar khususnya, dan kepada bangsa Indonesia pada umumnya.
2.2. Lokasi Pesantren Modern aura insani Hidaytullah
Lokasi pesantren saat ini masih berada di Komplek PDK Cipondoh Indah Kota Tangerang Banten dan masih bersifat kantor yang bergerak pada kegiatan pesantren virtual di www.aurainsani.com, dan dalam pengajuan ini akan dibangun sarana pendidikan dan komplek pesantren di sekitar area Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Banten. Sarana dimaksud sangat tepat dibangun lembaga pendidikan, sebab berada pada lokasi yang sangat mendukung terjadinya proses pendidikan yang bermutu.
2.3. Masyarakat Sekitar dan Data Yatim Piatu
Menurut data yang kami dapatkan, bahwa anak-anak Yatim Piatu yang tersebar di wilayah Keronjo, Balaraja dan Cisoka, Pasar Kemis, Sepatan dan daerah sekitarnya sangatlah banyak dan tidak kurang dari 1500-2000 anak Yatim Piatu. Di tambah dengan keadaan lingkungan Pesantren yang mayoritas kehidupan masyarkatnya berada dibawah garis kemiskinan, sehingga kategori mereka adalah masuk kepada Kaum Du’afa.
Hal ini menjadi pendorong utama bagi kami, pengurus Yayasan aura insani Hidaytullah dan Pengurus Pesantren Modern aura insani untuk mendirikan dan membangun sarana pra Sarana bagi mereka sehingga dapat membantu di dalam mendapatkan pendidikan yang diharapkan sebagai bekal di masa depan.
Untuk itu, kewajiban bagi para pihak yang terlibat adalah merencanakan, melaksanakan dan memberikan dukungan penuh terhadap keinginan yang telah ada dalam benak seluruh lapisan masyarakat. Sehingga sedikit yang diberikan, namun besar manfaat yang dirasakan oleh mereka anak-anak Yatim Piatu dan Kaum Du’afa.

0 komentar:

Posting Komentar